Kamis, 15 Desember 2011

morph gecko 2

Ini belum semua… masih ada yg belum nemu picnya :p
morph gecko juga terus berkembang seiring isengnya para breeder mengawinsilangkan antar morph yang berbeda…






P.S.
penjelasan masing2 morph diatas menyusul…

sumber:
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=477866749&postcount=34
http://www.fabsreptiles.co.uk/leopard_gecko_resources/breeding/morphs/combination.html
http://geckosetc.com/

Mengenal Jenis-Jenis Gecko

Leave a comment
Beberapa jenis tokek yang ada di belahan dunia~~~ (ini belom semua loh)
1. Tibetan wonder gecko
Berasal dari Turpan, China. Ciri-ciri dari jenis tokek ini adalah tubuh putih dengan balutan totol hijau kekuningan, matanya besar seperti mata kodok. Tokek ini sangat rentan terhadap perubahan suhu yang ekstrim, yang dapat membuatnya stress. Tanda-tanda jika tokek ini stress adalah ekornya akan terus bergoyang-goyang. Merupakan tokek yang sangat aktif di malam hari.
2. Chinese cave gecko
Sesuai dengan namanya, gecko ini berasal dari china. Jenis ini memiliki ekor yang gemuk tetapi memiliki tubuh yang agak rampinng, warna mata merah kecoklatan dan bentuknya mirip dengan mata kuciing, corak tubuhnnya merah kecoklatan dengan dihiasi garis putih. Sosok jantan dari tokek jenis ini lebih pendek dari betina. Habitatnya pada tempat-tempat yang memiliki kelembaan 80%.
3. New coledonian giant gecko
Berasal dari New Caledonian, Amerika utara. Termasuk jenis tokek besar karena memiliki ukuran yang mencapai 35 cm, jenis ini mampu hidup hingga 20 tahun. Termasuk jenis hewan pemakan segala (omnivore), suka berada di bebatuan dan ranting-ranting vertical. Warna tubuh kecoklatan mirip dengan warna ranting pohon.

4. African fat tailed gecko
Berasal dari Afrika selatan. Ciri-cirinya adalah memiliki ekor yang gemuk, kelopak mata mirip tokek jenis leopard gecko, warna dasar oranye dengan corak hitam dan putih. (udah pernah dibahas AFT lebih jelas sebelum ini, info lebih lanjut ubek2 blog ini lebih dalam)


5. Cat eye gecko
Dapat ditemukan di Malaysia, Indonesia, dan kepulauan Sanarua di Sula Archiphelago. Warna kecoklatan dengan corak oranye, memiliki mata mirip kucing, Memiliki ekor yang meliuk untuk menjerat mangsa tetapi jenis ini tidak memiliki selaput pada jari-jari.


6. Bavayia Cyclura
Bavayia cyclura Ditemukan di New Caledonia, Loyalty Islands, dan Isle of Pines. Mereka hampir identik dengan B. Robusta, hanya mereka lebih kecil.
sumber:
http://www.kulinet.com/baca/mengenal-jenis-jenis-gecko-tokek-favorit-para-pecinta-reptile/905/
http://www.tokekohtokek.yolasite.com/picture-gallery.php

Leopard Gecko

Leave a comment
Darimana aslinya mereka? South-Asian Afghanistan, Pakistan, north-west India, and parts of Iran. Gecko itu solitary animal mereka biasanya ngga hidup sama binatang lain.
Dari segi karakteristik, panjang anaknya 6.5 to 8.4 cm semetara yang dewasa 20.5 to 27.5 cm. Kakinya yang pendek memungkinkan mereka menjadi gesit dan kuku kecilnya berfungsi buat manjat. Mereka memiliki bukaan di kedua sisi kepalanya, sebenernya itu telinga yang dilindungi membran timpani. Gecko di habitat liar aslinya berwarna gelap dan kusam, beda banget sama yang dirawat dipenangkaran ato dipelihara, warnanya cerah bervariasi tergantung morphnya. Dan seperti reptil pada umumnya, doi juga shedding alias ganti kulit. Beberapa hari sebelum ganti kulit, tanda-tandanya keliatan dari warna kulitnya yang kusam dan kemudian tampak seperti sedang diselimuti selembar membran tipis berwarna putih yang nantinya pas hari H dia ganti kulit bakal jadi santapan enak buat Geko itu sendiri karena kulit ini merupakan sumber protein dan vitamin. Buntutnya semakin gemuk itu menjadi indikator dia semakin sehat, kalo kurus ya berarti ada kemungkinan mereka kurang gizi.
LG ini ectothermic yang artinya selama mereka tidur mereka menyerap panas dan energi untuk berburu di malam harinya. Mereka ini predator yang juga punya predator kaya uler, kodok, musang, dan sebangsanya yang besar-besar. sense of taste dan smelling mereka ngebantu banget buat jaga diri dari musuh. Kehilangan ekor saan di serang musuh (autotomi) dapat menyebankan penyakit bahkan membunuhnya, tapi kasus kaya gini jarang terjadi. Buntutnya akan tumbuh dengan segera karena buntut memegang peran bagi hidup para LG, tapi bentuknya kemungkinan beda dari pola aslinya, lebih pendek dan gemuk.
Gimana cara bedain jantan sama betina? Waktu masih baru menetas mereka unsex belom ketauan jantan atau betinanya tapi gedean dikit mulai keliatan. Yang jantan memiliki pra-anal pori-pori dan tonjolan hemipenal sementara betina memiliki pori-pori kurang dan lebih kecil dan tidak memiliki tonjolan eksternal.
Musim kawinnya antara Januari-Agustus atau September. Usia siap kimpoi jantan itu 8-9 bulan, betinanya setaun. Setelah kawin betina akan mengeluarkan telurnya sekitar 21-28 hari (3-4minggu). Setelah 45-60 hari droplets of moisture muncul ditempurung telur, menyusut dan sebagian runtuh, ini pertanda baby gecko bakal menetas. Penentuan jenis kelamin buat telurnya tergantung suhu, buat jadi cewe 26–30 °C dan 34–35 °C terus buat jadi cowo suhunya menengah sekitar 31-33 ° C. Betina yang lahir di suhu tinggi cenderung lebih agresif.

Sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/Leopard_gecko

Fat Tailed Gecko

Leave a comment
Sebelomnya udah pernah dikenalin sekilas apa itu Fat Tailed Gecko. Sekarang, kenalan lebih jauh lagi untuk tahu seluk beluk FT sedikit lebih mendalam…
Seperti Leopard gecko (Eublepharis macularius ), Fat Tailed Gecko adalah jenis gecko yang mempunyai kelopak mata, dari Famili gekkonidae dan subfamili Eublepharinae.Memiliki bentuk tubuh dan ukuran yang mirip dengan LG, tapi mempunyai cara beradaptasi yang berbeda dengan LG. Secara umum Fat Tailed Gecko adalah jenis yang sangat jinak, sedikit pemalu dan bersikap berbeda terhadap manusia yang dibanding dengan LG. Mereka merupakan makhluk malam
Mereka impor dari Afika Barat, penyebaran meliputi Senegal sampai Cameroon sebelah Utara. Habitat aslinya berupa padang rumput, bebatuan di bukit, hutan terbuka, tepian-tepian sungai.
Penampakannya gampang dikenalin kok, ciri khasnya itu loh buntutnya gemuk banget, ekornya ngga cuma buat ajang keren-kerenan tapi berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Fat Tailed dibagi dalam dua pattern, pertama dengan strip putih di punggungnya, dan yang kedua tanpa strip. Biasanya terdiri dari beberapa warna, yang paling sering adalah warna gelap dan terang.
Mereka memerlukan kelembaban ekstra, lebih dari 50%. Di siang hari suhu bekisar 29-32 C, Menjelang Malam hari harus diturunkan menjadi 24-27 C.
Fat tailed geckos dapat diberi makan jangkrik dan mealworms. Fat tailed geckos dewasa bisa diberi makan superworm atau maxworm.untuk dewasa pemberian makan cukup 2 atau 3 kali sehari, untuk masih bayi bisa 1 atau 2 kali sehari. Sebelum memberi makan sangat dianjurkan untuk memberikan tambahan vitamin yang berisi kalsium dengan cara diolesikan ke jangkrik atau mealworm.
Ehem terakhir, mengenai jenjang perkawinan, musim kawin FT itu sekitar bulan Desember. Telur akan menetas dari 15 s/d 40 hari setelah perkawinan. Jumlah nya biasanya 5 clucthes.

Sumber:

http://www.satwaunik.com/animal-care/cara-perawatan-fat-tail-gecko/
http://www.satwaunik.com/informasi-umum/african-fat-tailed-gecko-hemitheconyx-caudicinctus/

Say Hello to Mr. Jangkrik

Leave a comment
Kenal gecko, kenal juga dong sama makanannya…
Jangkrik adalah serangga yang berkerabat dekat dengan belalang, memiliki tubuh pipih dan antena panjang. Di dunia dikenal sekitar 900 spesies jangkrik. Mereka serangga yang cenderung nocturnal dan suka lieur sama belalang, why? Soalnya struktur tubuhnya mirip dan sama-sama punya kaki belakang yang fungsinya juga buat loncat-loncatan. Meskipun mereka omnivore (pemakan makanan organik maupun yang udah busuk. Baik tanaman atau another insect bahkan jangkrik itu sendiri), tapi sama sekali ngga bahaya buat manusia. Kalo pernah denger bunyi jangkrik yang berisik, itu suara pejantan buat PDKT ama betinanya, suaranya makin keras dengan naiknya suhu sekitar.
Oke langsung aja, ini dia klasifikasinya
  • Kingdom: Animalia
  • Phylum: Arthropoda
  • Class: Insecta
  • Order: Orthoptera
  • Superfamily: Grylloidea
  • Family: Gryllidae
Jangkrik populer banget sebagai sumber makanan hidup buat carnivorous pets (katak, kadal-kadalan, kura-kura, salamander, dan laba-laba). caranya, jangkrik-jangkrik ini di kasih makanan bergizi sampe kenyang, bahkan jika diperlukan ditaburin bubuk suplemen mineral untuk memastikan nutrisi lengkap ke badannya, then HOP! baru deh dimakan sama piaraan-piaraan unyu ini. Nah, proses ini namanya Gutload.
Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Cricket_%28insect%29

Seen Look a Like But Totally Different

Leave a comment
Pernah denger ngga reptil yang namanya Leopard Gecko sama African Fat Tail?
Keliatannya sih sama-sama aja penampakannya tokek-tokek unyu gimanaaaaa gitu, tapi tau ngga kalo mereka berdua ternyata beda genus?
Buat gampangnya, liat penjabaran keluarga besarnya~
•Kingdom: Animalia
•Phylum: Chordata
•Class: Reptilia
•Order: Squamata
•Suboerder: Lacertilia
•Family: Gekkonidae
•Subfamily: Eublepharinae
•Genus: …
•Species: …
Nah di kedua pengelompokkan terakhir itulah bedanya…
1. Leopard Gecko
•Genus: Eublepharis
•Species: E.macularius
Jadi, nama binomialnya Eublepharis macularius

LG adalah hewan nocturnal a.k.a makhluk malam yang cuma bisa jalan di tanah, struktur kakinya beda sama tokek-tokek yang biasa suka nangkring di rumah dan berisik yang punya daya hisap luar biasa yang bisa bikin doi nemplok di tembok, kaki gecko cuma bermodal cakar buat mencengkram. Mereka aslinya dari Pakistan, India, dan Iran
2. African Fat Tail
•Genus: Hemithechonyx
•Species: H.caudicinctus
Jadi, nama binomialnya Hemithechonyx caudicinctus

Penjelasannya kurang lebih sama kaya LG, AFT juga nocturnal dan ground-dwelling alias jalan ditanah. banyak ditemukan di Afrika Barat dari Senegal sampai Kamerun.
Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Leopard_gecko
http://en.wikipedia.org/wiki/African_fat-tailed_gecko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar